Fokus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas program pelatihan kemampuan riset
online (ORS) didalam mendukung mahasiswa melakukan penelitian di UIN Maulana Malik Ibrahim
Malang. Secara khusus tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan
ORS didalam mendukung kinerja pembelajaran. Kajian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan pendekatan model Kirkpatrick.
Model Kirkpatrick digunakan untuk mengevaluasi
efektifitas program pelatihan ORS pada tingkat reaksi dan proses partisipasi peserta. Hasil penelitian
yang ditemukan adalah program pelatihan berjalan efektif, 86,5% responden menyatakan bahwa
program pelatihan telah memberikan kontribusi didalam mendukung pencapaian tujuan pelatihan.
Meskipun demikian program pelatihan ini masih memerlukan berbagai perbaikan dan peningkatan
khususnya penggunaan teknologi media pada tingkat lanjut (advanced media technology) pada
program-program pelatihan selanjutnya.
Berdasarkan hasil temuan didalam penelitian ini, peneliti
merekomendasikan kurikulum pengajaran literasi informasi tentang kemampuan riset online (LIORS)
perlu ditingkatkan berdasarkan pandangan peserta dan berdasarkan kurikulum SCONUL.
Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung mengakses artikel yang bersangkutan di alamat berikut:
Sumber: Website Jurnal UIN Jakarta.
Foto: Website Jurnal UIN Jakarta.
No comments:
Post a Comment