Perpustakaan merupakan salah satu bentuk organisasi sosial yang tidak pernah terlepas dari proses komunikasi di dalam berbagai aktivitasnya. Komunikasi selalu terjadi di berbagai arah di perpustakaan, baik komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, Maupun komunikasi horizontal. Komunikasi juga diperlukan untuk memperlancar dalam berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik dengan pihak-pihnk di dalam perpustakaan sendiri maupun pihak lain yang di luar perpustakaan.
Dalam konteks perpustakaan, komunikasi adalah suatu keniscayaan yang tak terbantahkan, karena perpustakaan berhubungan dengan informasi yang akan digunakan pemustaka untuk kepentingan-kepentingan terkait perannya sebagai makhluk sosial. Informasi yang disampaikan maupun yang diterima oleh elemen-elemen yang terkait dengan perpustakaan tentu membutuhkan komunikasi yang efektif agar setiap informasi yang ada ataupun yang dibutuhkan di perpustakaan dapat tersampaikan dan dapat diterima dengan baik.
Perpustakaan, sebagai salah satu bentuk organisasi sosial, yang di dalam setiap aktivitasnya tidak pemah terlepas dari proses komunikasi, komunikasi dapat terjadi di setiap divisi (bagian) yang ada di perpustakaan. Tulisan ini berupaya mendeskripsikan bagaimana komunikasi yang terjadi di dalam organisasi perpustakaan.
Untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung mengakses artikel yang bersangkutan di alamat berikut:
Komunikasi Dalam Organisasi Perpustakaan
Sumber: Website Repositori UIN Jakarta.
Foto: Website Repositori UIN Jakarta.
No comments:
Post a Comment